Besarnya Manfaat Jagung Manis Bagi Balita


Banyaknya nilai nutrisi pada jagung manis, membuat makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapapun, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak termasuk juga balita. Vitamin yang terkandung dalam jagung manis sangat baik untuk pertumbuhan balita.

Dari tabel kadungan nutrisi pada jagung yang tertera pada situs wikipedia, jagung manis mengandung banyak vitamin diantara nya adalah : Vit.B1, Vit.B2, Vit.B5, Vit.B6, Vit.B9, Vit.A, Vit.C, Magnesium, Besi, Fosfor, Kalium, Zink dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya vitamin yang terkandung dalam jagung manis, sehingga sangat baik bagi perkembangan anak balita. Dan berikut manfaat mengkonsumsi jagung manis bagi balita seperti yang dilansir situs balita pedia.

1. Bagus untuk kesehatan mata. 
Jangung diketahui mengandung lutein dan antioksidan Zeaxanthin, yang didalam tubuh si kecil memiliki peran proteksi terhadap terbentuknya beberapa gangguan penyakit pada mata. Kandungan folat dan beta karoten pada jagung juga bagus bagi kesehatan mata mereka.

2. Sumber kalori. 
Jagung berukuran sedang mempunyai kalori yang setara dengan sebutir apel, sehingga jenis sayuran ini adalah alternatif yang bagus sebagai sumber kalori si kecil. Kandungan karbohidrat dalam jagung akan dicerna secara perlahan sehingga si kecil tidak akan gampang lapar.

3. Bagus untuk pencernaan. 
Karena kandungan serat pada jagung cukup tinggi sehingga jangung bagus untuk kesehatan pencernaan si kecil. Saat mereka mengalami gejala sembelit seperti susah buang air besar (BAB), jarang BAB, mengeluh sakit saat BAB, atau feses keras, jagung manis adalah pilihan tepat untuk diberikan pada balita.

Kandungan Vitamin B3 diperlukan tubuh untuk proses menghasilkan energi sedangkan kalium diperlukan untuk mengatur kesetimbangan kadar air dalam sel-sel tubuh, membantu kinerja otot, dan transmisi signal pada sistem syaraf.

Satu tongkol jagung rebus ukuran sedang mengandung sekitar 2.5 gram serat yang diperlukan agar pencernaan si kecil sehat dan terhindar dari gejala-gejala sembelit. Jagung juga kaya akan kandungan vitamin C yang sangat diperlukan si kecil untuk kesehatan gusi, tulang, dan daya tahan tubuh.
Previous
Next Post »